Header Ads

ads header

BERITA TERKINI

Dampak dari Menunda tindakan

Sosial Experiment. Coba kamu tanya kepada kerabat kamu yang sudah meninggal, kamu tanyain ke “bro, gue dateng kesini cume kepengen nanya, apa elo masih kepengen jadi orang sukses?” heeeee..
Satu jam kemudian, pasti nggak ada jawaban, lalu sampai empat jam juga tak kunjung ada jawaban. Yaudah lah kamu pulang aja, mereka nggak mungkin jawab kok. Hehehe, Soalnya mereka sudah meninggal. Tetapi kalau mereka dizinkan oleh Tuhan untuk menjawab pasti mereka akan menjawab “ Gila lo, ya mau lah” hee 
Kita semua pasti pengen banget kan jadi orang sukses, hidup enak dan bahagia. Aku yakin siapa pun didunia ini, selama akalnya masih sehat pasti punya kemauan untuk sukses dan bahagia. Tapi apakah dengan kemauan saja kamu bisa menggapai kesuksesan itu?, ku rasa tidak bro, karena jika kamu hanya punya kemauan saja tapi tak melakukan tindakan untuk mendapatkan kesuksesan itu, maka pasti kamu akan sulit untuk mendapatkanya. 


Sosial Experiment. Ini merupakan  pertanyaan yang ndak semua orang mampu menjawabnya, dan kamu wajib mencobanya.
Langkah pertama adalah, bertanya kepada teman sekelas mu atau teman dekat mu. Pertanyaannya adalah  kamu mau nggak jadi  orang yang sukses???”. Coba kamu catat berapa banyak yang menjawab iya dan berapa orang yang menjawab tidak dan hitung berapa cepat ia menjawab pertanyaan mu. Jika temanmu menjawa tidak, maka kamu tidak perlu lagi melanjutkan pertanyaan yang kedua, tetapi jika ia menjawab iya, maka selanjutnya kamu harus bertanya kembali kepada mereka “ kira-kira kapan kamu mau memulainya?” hahaha.. pasti tdak banyak teman mu yang bisa menjawab pertanyaan ini, bahkan aku yakin teman mu  menjado bingung dan ragu sambil meliak-liukan tubuh mu dengan wajah yang tersenyum asem.
Heee ..
Coba aja deh kalau nggak percaya
Dari sosial experiment itu, aku mendapatkan banyak kesimpulan bahwa nggak banyak pemuda yang bisa dengan tegas menjawab pertanyaan kedua itu dengan kata “sekarang, sekarang aku udah berpikir dan aku udah punya renacana jitu ni” atau “kamu mau nolong nggak?”
kebanyakan mereka lebih banyak berkata NANTI dari pada SEKARANG, trus apa istimewanya kata NANTI dari pada kata SEKARANG?”
bagi ku, kata nanti itu merupakan kata yang digunakan hanya untuk memberikan alasan yang mana alasan tersebut tidak memiliki solusi. Karena bisa jadi kamu yang mengucapkan kata nanti itu juga, nggak tau kapan waktu tepatnya. Apakah hari ini, satu jam lagi, besok, lusa, atau tahun depan.
Masa Lalu merupakan sejarah, hari ini adalah anugerah, dan nanti adalah misteri. Lantas, kenapa kamu selalu berpikir untuk melakukan suatu tindakan diwaktu nanti yang masih misteri, yang mana saat kamu menunda tindakan itu diwaktu nanti, disisi lain ngorbanin sekarang yang jelas menjadi anugerah untuk kita.
Ini ada cerita lagi
“Kreeeek..kreeek..” suara kelinci berukuran tiga kiloan sedang mengais makanan ditengah hutan yang rindang
“Bro tembak bro, itu ada kelinci” ujar pemburu yang tidak membawa senapan sebut aja namanya Hendrix
“bro, biarin aja bro, Cuma kelinci kok, paling Cuma tiga kilo, buang-buang peluru aja” sahut pemburu yang memegang senapan”
“Yaudah terserah elo aja bro”,sahut hendrix” kalau gua sih, gue tembak bro dari pada enggak sama sekali”
“Aah.. elo, selera elo tuh kecil amat, bagus kita nungguin rusa aja, lumayan sekali tembak bisa dua puluh kiloan”
Itu lah perbincangan mereka di tengah-tengah hutan untuk mecari nafkah dengan berburu di hutan.
Lima jam kemudian 
“Allahuakbar-Allahuakbar” suara azan berkumandang dan hari sudah mulai gelap, namun rusa pun tak kunjung datang. Akhirnya mereka berdua pulang lah dengan tangan hampa.
Tuh, ambil sedikit pelajaran dari cerita diatas!!, gara-gara ingin mengharap rusa yang besar, akhirnya kelinci yang kecil diabaikan. alhasil si rusa pun tak kunjung datang dan kelinci didepan mata hilang.  kamu masih mau menunda-menunda hal yang kecil?. Jangan berharap mendapatkan hal yang besar bro kalau yang kecil saja kamu nggak bisa lakuin.
kalau kamu masih menunggu waktu nanti untuk berbuat, lalu kapan kamu akan ngerasain hasil dari apa yang dikerjakan? Kalau selalu nunggu waktu nanti, terus waktu yang sekarang kamu anggap apa, sia-sia gitu aja.
Ni yah, petuah orang tua pernah disampakan ke aku “Jangan kamu biarkan waktu mu berlalu sia-sia, karena hidup ini terlalu pendek untuk disia-siakan”. Waktu luang itu sebenarnya merupakan momen yang paling bermanfaat.  Belum tentu waktu yang tersedia itu dapat menghadirkan sesuatu yang terbaik untuk kita. Aku sayangkan sekali kalau kamu termasuk orang yang membuang-buang waktu untuk hal yang nggak bermanfaat. Kalau udah sakaratul maut, baru kamu nyesel.
Nah. Kamu tau nggak ada hadis Nabi Muhammad SAW yang dijadikan syair merdu oleh kelompok Nasyid Raihan,
manfaatkan lah lima perkara
 sebelum datang yang lima “masa muda mu sebelum tua mu, masa sehat mu sebelum sakit mu, masa kaya mu sebelum miskin mu, masa hidup mu sebelum kematian mu, dan masa senggang mu sebelum sempit mu”
( Al-Hadist di riwayat : HR Hakim dan Baihaqi,)
Tapi ini lah kita selalu saja menunda pekerjaan, ada waktu kosong lebih baik nyantai, tidur dan ngomong-ngomong nggak jelas. Tapi kalau mau ngerjakan hal yang positif kok tulangnya rasa berat ya?. Inget ya bro bahwa peluang itu nggak mungkin muncul kalau nggak kamu ciptain. Baik itu peluang untuk gagal atau peluang untuk berhasil. Kalau kamu diam dan menunggu nanti, berarti kamu sudah siapin peluang kegagalan untuk dirimu sendiri, sedangkan kalau kamu langsung melakukan apa yang sudah kamu rencanakan sekarang, berarti kamu membangun peluang kesuksesan dirimu sendiri bro.
Maka dari itu, jangan tunda lagi action kamu, lakukan yang terbaik untuk kehidupan yang lebih baik

Tidak ada komentar