Header Ads

ads header

BERITA TERKINI

USAHA TANPA MODAL

USAHA PERLU MODAL. Nah ini adalah konsep utama dalam berusaha, tapi kamu jangan menyerah dulu bro!. Berbicara tentang usaha, para pemula pasti akan menemukan permasalahan pada modal usahanya. Aku tidak mengatakan salah, jika kamu mundur karena tidak memiliki modal. Tapi aku sangat menyayangkan betapa pikiran kamu itu salah besar bro. “loh maksudnya apa?” biar aku jelasin  ya biar kamu faham bahwa modal usaha itu tidak serta merta hanya uang yang melimpah saja. Cukup dengan modal pikiran dan keseriusan bagi ku itu sudah menjadi modal yang paling utama dalam memulai usaha.
 
Oke, sekarang kita akan mulai bagaimana caranya membangun usaha tanpa modal uang!.
1.      Rencanakan dengan matang usaha yang akan kamu buat
Coba kamu rangkai dan mulai pikirin apa yang menjadi peluang usaha ditempat mu dan berapa banyak modal yang harus dikeluarkan serta berapa besar keuntungan perbulan dari usaha yang akan kamu rancang tersebut.
Apa-apa saja yang jadi poin penting dalam merencanakan sebuah usaha tersebut?. Naaaah! Ini dia yang harus kamu ingat dan catat baik-baik. Yang pertama yang harus kamu rencanakan adalah apa usaha yang akan kamu buat, lalu kamu rencanakan segmentasi dan target pasar dari usaha mu itu. Misalnya kamu ingin jual baju bayi, maka segmentasi pasar kamu adalah ibu-ibu yang sudah hamil tua dan targetnya adalah ibu-ibu hamil yang ada di daerahmu.
       Setelah kamu mendapatkan segmentasi dan target pasar dari usaha yang akan kamu buat selanjutnya kamu harus memikirkan tempat penjualan produk mu sehingga ibu-ibu hamil itu mengetahui bahwa kamu jualan pakaian dan perlengkapan bayi. Selanjutnya kamu hitung deh berapa modal yang akan kamu keluarkan dan berapa besar persentase ibu-ibu tersebut membeli produk yang kamu jual. Sehingga kamu akan mendapatkan nominal keuntungan dari penjualan tersebut.
Naaaaaah, jika kamu sudah yakin terhadap analisa perencanaan usaha mu sendiri dan telah mendapatkan nominalnya maka selanjutnya kita masuk ketahap dua.

2.      Kenali potensi diri kamu
Ini dia tahap selanjutnya yang akan kita bahas. Hehehe
Apakah kamu sudah mendapatkan nominal besaran modal yang akan kamu keluarkan?
Berapa nominalnya?
Eeeem, kamu nggak mungkin bisa jawab langsung bro, kecuali kamu mengisi menu Konsultasi karir pada blog kami,
Aku memperkirakan  kamu membutuhkan modal sekitar 15 juta nih, pasti kamu bingungkan bagaimana cara memulai usaha sedangkan 500 ribu aja kamu sulit sekali untuk mendapatkannya.
Ini dia yang akan kita bahas pada tahapan ini!!!
Ayo kita kaji menggunakan logika!!!
USAHA PERLU MODAL . jika kita pikir lebih dalam bahwa modal itu merupakan kumpulan uang  dari hasil usaha-usaha yang telah dilakukan sehingga ia bisa mejadi modal usaha yang lebih besar. Orang kaya tidak mungkin langsung menjadi kaya jika ia tidak pandai mengelola dan mengatur hasil pekerjaannya. Begitu juga dengan modal. Modal tidak akan pernah terkumpul jika kamu tidak mengumpulkannya. “tapi sekarangkan sudah ada Bank yang bisa memberikan pinjaman untuk membuka usaha?” eeeeeem emang betul sih, tapi yang harus kamu ketahui, usaha yang instan juga akan berakhir instan, sebalinya jika usaha tersebu dibangun dengan proses maka ia juga akan menjadi usaha yang berkembang.
 ini sudah sunnatullah bro, misalnya kamu makan mie instant, cepatkan kenyangnya, tapi tak lama kemudian pasti kamu lapar lagi. Hehehe
lalu bagaimana cara mendapatkan modalnya?
“Pertanyaan yang bagus, begini ya bro” USAHA PERLU MODAL, dan MODAL PERLU USAHA . jika dilihat dari hukum kasualitas diatas, maka untuk membangun usaha adalah dengan cara berusaha, karena modal itu bisa didapatkan dengan cara berusaha. Dan cara yang paling mudah untuk membangun usaha dengan usaha adalah mengembangkan potensi yang kamu miliki. Misalnya kamu adalah seorang yang pinter diplomasi atau pinter ngomong ni, maka gunakan potensi tersebut untuk menjadi seorang marketing diperusahaan atau usaha-usaha milik orang lain dulu.
       Namun kamu jangan hanya sekedar bekerja saja, namun kamu juga harus berani berinovasi dengan membangun relasi dan menceritakan usaha yang akan kamu buat. Naaaah!! Satu sisi kamu mendapatkan bonus dan gaji dari hasil kerjaan mu, disisi lain kamu membangun relasi usaha yang akan kamu buatkan.
Uang yang kamu kumpulkan itu, kamu buat untuk membeli barang kebutuhan usaha mu sedikit demi sedikit. “yaaa paling tidak kamu menjadi reseller dari orang yang memiliki usaha seperti kamu inginkan “
Kamu jual deh, apa yang ia jual, namun ambil untungnya jangan banyak-banyak, takutnya orang malah nggak mau belanja ditokoh yang kamu rintis itu.
3.      Dirikan usaha
Naaaah, jika hasil dari jualan kecil-kecilan dan menjadi kariawan marketing perusahaan orang lain itu sudah cukup untuk membangun usaha mu secara komplit, maka jangan kamu ragu lagi dan bangun lah usaha itu dengan baik dan benar.
Nah, isemuanya dibalikin lagi, mau melakuin hal yang aku sarankan diatas atau tidak !!!
Namun yang harus kamu ingat. Kalau kamu mandet dan bingung untuk melangkah, sekarang ambil pulpen dan buku !, catat apa potensi kamu yang bisa kamu jual dan kenalkan dengan orang-orang disekitar mu, misalnya kamu punya potensi menjadi guru, dan kamu ingin punya murid sendiri. Berarti kamu harus jual dulu ilmu kamu dan misalnya jadi guru les privat, guru ngaji dan lain-lain. Ketika kamu sudah punya nama, dan modal yang besar baru lah kamu dirikan sekolah sendiri.
Aku pernah mendengar pribahasa kuno dari orang tua ku  “jangan takut menanam perak jika kamu yakin bahwa kamu dapat memanen emas”
Itu baru pemuda bro. Jangan merengek minta modal dulu baru mau buka usaha. Aah gubraakk
“seluruh modal perlu usaha”. Nah kalimat ini yang nggak pernah kamu muncunlin didalam pikiran mu, kamu maunya tunggu ada modal baru mulai usaha, ngapain modal ditunggu bro? modal itu di usahain, kumpulin sedikit-sedikit.  kamu nggak akan bisa ngumpulin modal usaha mu, kalau kamu hanya menghayal dan menunggu. Omong kosong tu namanya, “emangnya kamu aladin yang bilang abrakadabra langsung nongol”.
. Udah jelaskan, usaha itu nggak hanya orang kaya aja yang bisa, kamu juga bisa yang penting nggak hanya menghayal, dan berharap aja sedangkan Action nya Kurang.





Tidak ada komentar