Header Ads

ads header

BERITA TERKINI

bonus demografi



Bonus Demografi
Kalimantan Barat secara Georgafisnya adalah salah satu daerah yang memiliki daratan terluas serta daerah daratannya berbatasan langsung dengan negara-negara Tetangga seperti Malaysia. Tidak menutup kemungkinan perkembangan sosial budaya masyarakat Kalimantan Barat dapat mempengaruhi arus globalisasi. Argumen panjang lebar tidak perlu dikemukakan lagi, bahwa masyarakat  tidak bisa menghindarkan diri dari arus globalisasi tersebut khususnya remaja, apalagi jika ingin survive dan berjaya ditengah perkembangan dunia yang kian kompetitif. Dengan demikian, perubahan cara pandang haruslah dilakukan seiring dengan perkembangan zaman.
Namun sesuai dengan kenyataan remaja yang ada di Kalimantan Barat, masih banyak sekali remaja yang bergantung kepada orang tuanya tanpa memikirkan dampak mengenai hal tersebut. Kurang meratanya informasi yang mendalam mengenai Bonus Demografi membuat masyarakat tidak dapat mempersiapkan hal tersebut dengan baik. Maka dari itu hal ini berdampak kepada kurangnya kesadaran dari remaja, minimnya peran orang tua dalam memberikan arahan serta motivasi untuk anaknya agar dapat mandiri.
Bonus Demografi merupakan tantangan yang harus dihadapi dengan penuh kesiapan yang matang. Mempersiapkan generasi-generasi muda untuk mengembangkan potensinya agar menjadi hal yang produktif adalah salah satu jalan yang harus di jalani agar bonus demografi dapat dimanfaatkan dengan baik. Keterampilan adalah senjata yang paling ampuh untuk remaja. Dapat dikatakan keterampilan adalah indikator untuk melihat maju dan mundurnya kualitas suatu tempat, oleh sebab itu kita sangat memerlukan orang yang siap untuk mengembangkan keterampilan dan orang yang siap memfasilitasi keterampilan yang dimiliki.
             Solusi dan saran yang diberikan oleh penulis untuk meningkatkan masyarakat yang siap untuk menghadapi bonus demografi tesebut ialah pemerintah harus memberikan lapangan kerja bagi masyarakat sehingga dapat memperkecil angka pengangguran, meningkatkan kesadaran kepada masyarakat bahwa pendidikan itu sangat penting, pemerintah harus memberikan dan memperhatikan tingkat kesehatan yang tinggi bagi masyarakat, meningkatkan kemampuan bagi masyarakat untuk memanfaatkan dan menguasai teknologi secara baik sehingga mampu berbisnis melalui teknologi tersebut, meningkatkan life skill yang dimiliki oleh masyarakat tersebut sehingga mampu menciptakan sebuah peluang bagi dirinya serta memfasilitasi potensi dan keterampilan remaja, masyarakat diajarkan untuk berpikir secara kreatif serta mengajarkan kepada masyarakat agar memanfaatkan SDA yang ada dengan secara baik serta memfasilitasi hasil dari SDA tersebut. Apabila saran yang diberikan penulis tersebut berjalan dengan baik, maka generasi penerus khususnya di KalBar ini akan menemukan generasi yang cemerlang, serta mampu menjadi generasi penerus yang mampu memberikan perubahan. 

Tidak ada komentar